Mangga Variannya Juga Banyak

Mangga Variannya Juga Banyak

SEORANG sobat mengirim pesan setelah membaca postinganku sepanjang Ramadhan tahun ini. “Kok lu nggak ngomong soal Mangga? Kan buah itu variannya juga banyak!”

Aku tersenyum. Berarti ia membaca apa yang aku tulis selama ini. Terima kasih. Padahal, tanpa ditanya, aku juga siap menulis tentang buah yang satu ini. Buah yang tentu saja hebat. Karena tidak sekadar menggambarkan jenis tertentu, namun sudah menjadi nama kota. Ingat Mangga Dermayu yang menjadi kebanggaan kota Indramayu, Jawa Barat. Kemudian, kota Probolinggo, Jawa Timur, juga menjadi terkenal karena mangganya. Demikian pula, Pasuruan, Jawa Timur.

Mangga Dermayu beruntung karena langsung mengacu kepada nama kotanya. Banyak jenis mangga yang terkenal seperti Arum Manis, Golek, Manalagi yang ditanam di tiga kota yang terkenal akan mangganya itu.

Mangga memang mudah ditanam dan gampang tumbuh. Tidak heran jika di Cirebon, Bekasi, Yogyakarta, dan banyak kota lainnya mangga menjadi bagian khas dari sebuah rumah. Dengan buahnya yang menjuntai sampai ke tanah.

Mangga dari luar negeri seperti Singapura, Thailand, India, dan Australia juga tidak kalah banyak. Jadi, mangga memang mewakili fenomena buah lokal dan impor yang sekilas punya bentuk yang sama. Tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 meter. Padahal, meski terlihat sama, ternyata mangga itu mempunyai banyak jenis lho. Ada ciri khasnya masing-masing, mulai dari bentuk, warna, rasa, dan cara makannya.

Related posts

Leave a Comment