Sedekah sebagai Rumus Kehidupan

sedekah

SELEBRI – Bahwa sedekah adalah prasyarat untuk meraih kemudahan dalam hidup, mendapatkan rezeki, menjadi obat penawar dan solusi dari segenap problema dan karut-marut kehidupan.

Selain ungkapan doa yang alami dan polos apa adanya, mengakui kekerdilan diri, ikhlas, seraya menyerahkan seluruhnya kepada Allah, infak dan sedekah yang mendekatkan pada rumus kehidupan tersebut juga dilakukan dalam kondisi sempit.

Persis seperti yang difirmankan Allah saat menjelaskan sifat orang yang bertakwa: (Yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit (QS Ali Imran [3]: 134).

Saat menafsirkan ayat ini, Sayyid Quttub menulis: Mereka tetap konsisten dalam kedermawanan, berjalan di atas manhaj, kondisi lapang dan sempit sama sekali tidak mengubah mereka. Kelapangan tidak menjadikan mereka sombong lantas menjadikan mereka terlena dan kesempitan tidak menjadikan mereka berkeluh kesah lalu melupakan kewajiban. Mereka selalu menyadari kewajiban dalam segala keadaan, terbebas dari sikap kikir dan tamak, selalu muraqabah (merasa diawasi Allah) dan senantiasa bertakwa kepada-Nya. (Rep/diy)

Related posts

Leave a Comment