Di DIY akan Dibangun ‘Jogja Planning Gallery’

yogya planning

SELEBRI – “Jogja Planning Gallery” akan dibangun Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Di lahan bekas Gedung Kantor Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, Jalan Malioboro Nomor 56, Yogyakarta.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Gatot Saptadi, di Yogyakarta, Rabu (2/1), mengatakan orang ke situ (Jogja Planning Gallery) nanti bisa melihat sejarah DIY, asal usul, potensi DIY, dan banyak hal lain yang bisa dilihat termasuk DIY ke depan mau seperti apa.

Menurut Gatot, Kantor Dispar DIY saat ini telah dipindahkan ke gedung baru yang berlokasi di Jalan Janti, Banguntapan, Bantul. Pembangunan gedung galeri tersebut ditargetkan bisa dimulai pada pertengahan 2019.

Pemda DIY saat ini masih mematangkan desain sambil merampungkan proses pemindahan aset-aset milik Dispar DIY ke gedung baru.

“Sebelum dibangun, gedung lama dihapus, kemudian bangun baru dengan model yang sesuai dengan wajah Malioboro,” kata Gatot.

Selain berfungsi sebagai tempat untuk melihat perencanaan pembangunan di DIY dari masa lalu hingga masa depan. Sekda menyebut keberadaan galeri tersebut tidak terlepas dari penataan kawasan Malioboro.

Gedung yang pembangunannya akan diserahkan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP ESDM) DIY itu akan memiliki peran sebagai destinasi wisata baru di kawasan itu.

“Tentunya, nanti dimodifikasi, misalnya ada kafenya, ada perpustakaannya yang bisa dikombinasi dengan tidak hanya melihat galeri. Banyak hal yang bisa dilakukan masyarakat di situ,” kata Gatot.

Konsep pembangunan galeri yang rencananya dibuka gratis untuk umum itu akan menjadi yang pertama di DIY. Karena akan didukung dengan berbagai sentuhan teknologi canggih.

“Kita ingin suatu inovasi karena konsep ini belum pernah ada. Konsepnya bukan seperti konsep museum, namun sesuatu yang lebih bisa menarik khalayak luar,” kata Gatot. (suy)

Related posts

Leave a Comment